Minggu, 07 Juni 2015

MANFAAT MULTIMEDIA

kali ini saya kan coba berbagi tentang apa si manfaat multimedia yang selama ini tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari hari. salah satunya adalah pada bidang pendidikan, bidang kesehatan, industri, seni dan lain lain . seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu manfaat multimedia dalam kehidupan sehari hari, tapi sebelumnya kita harus tau dulu apa si multimedia itu? 
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasiaudio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
sekerang kita akan bahas mengenai manfaatnya, yaitu :

Manfaat Multimedia Dalam Kehidupan Sehari-hari
  • Bidang Pendidikan

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar. Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran, Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran, Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan, Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan, Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan, Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran, Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini, Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran dan Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan.

  • Bidang Kesehatan.

Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.

  • Bidang Transportasi

Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut  bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

  • Bidang Industri Perfilman

Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.

  • Bidang Perdagangan

Multimedia mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping memungkinkan anda berbelanja dari rumah.  2013

A. Manfaat Penggunaan Multimedia Pembelajaran
Manfaat multimedia di dalam proses pembelajaran secara umum adalah dapat  menciptakan suasana interaktif pada siswa, meningkatkan kualitas belajar, meningkatkan daya tarik, kemauan, imajinasi siswa pada mata pelajaran yang rumit, dan proses pemahaman serta pendalaman materi menjadi lebih cepat dan efektif.
Berikut adalah  faktor-faktor  keunggulan multimedia sebagai alat pembelajaran :
  • Dapat menampilkan secara visual baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro organisme, sel dan lain-lain.
  • Dapat menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk  animasi, gambar atau video sebuah objek yang besar dan jauh seperti hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan lain-lain) dan benda luar angkasa (planet,satelit).
  • Dapat menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  kompleks,  rumit  dan  berlangsung  cepat atau  lambat,  seperti  sistem  tubuh  manusia,  bekerjanya  suatu   mesin, beredarnya  planet  Mars,  berkembangnya  bunga  dan lain-lain.
  • Dapat menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari  benda  atau  peristiwa  yang  berbahaya,  seperti  bencana alam (gempa, gunung berapi) dan peristiwa perang.
  • Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.
B. Karakteristik dan Fungsi Multimedia Pembelajaran
Karakteristik  multimedia  pembelajaran  adalah:
  1. Memiliki  lebih  dari  satu elemen multimedia  yang  konvergen, misalnya  menggabungkan elemen  teks, grafik dan audio.
  2. Bersifat  interaktif,  dalam  pengertian  memiliki  kemampuan  untuk mengakomodasi  respon  pengguna.
  3. Bersifat  mandiri,  dalam  pengertian  memberi  kemudahan  dan  kelengkapan  isi sedemikian  rupa  sehingga  pengguna  bisa  menggunakan  tanpa  bimbingan  oran lain.
Selain  memenuhi  ketiga  karakteristik  tersebut,  multimedia  pembelajaran  sebaiknya memiliki  fungsi-fungsi  sebagai  berikut:
  1. Mampu  merangsang  respon siswa agar lebih kuat, cepat dan cerdas.
  2. Mampu  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengontrol  laju kecepatan  belajarnya  sendiri.
  3.  Memperhatikan  bahwa  siswa  mengikuti  suatu  urutan  yang  koheren  dan terkendalikan.
  4. Mampu  memberikan  kesempatan  pada siswa untuk memberikan respon baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.
Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menarik dan imajinatif maka siswa akan lebih mudah mengerti, mengingat dan memahami pelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa akan lebih cepat dalam menerima materi apabila tercipta suasana yang menyenangkan karena suatu yang menyenangkan akan selalu diingat dan disimpan di memori seseorang. 

Fungsi Element Multimedia dalam Dunia Pendidikan
1. Teks
Bentuk teks sangat efektif untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan secara verbal, merangsang daya kognitif. Biasanya teks dikombinasikan dengan gambar membentuk suatu tutorial. Tutorial memberikan materi selayaknya guru atau dosen yang berisikan materi, konsep dan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
2. Audio
Audio sangat baik dalam memberikan motivasi dan materi yang bersifat mendidik. Pada dasarnya siswa cenderung lebih cepat menerima pelajaran dari bentuk suara dibanding bacaan. Audio sangat efektif untuk memancing perhatian, menumbuhkan daya imajinasi dan menambah atau membentuk suasana jadi hidup.
3.Grafis dan Gambar
Bentuk gambar dan grafik lebih mudah dalam mengklasifikasi dan  mengidentifikasi objek. Gambar  membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.  
4. Animasi
Dengan animasi , siswa dalam belajar materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan. Animasi biasa berbentuk simulasi, eksperiment atau prosedur. Dengan animasi , siswa mudah mengerti dan memahami suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti proses pembelahan sel, proses kimiawi dan lain-lainnya.
5. Video
Melalui video , siswa mampu mempelajari keadaan riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian. Siswa dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi. Video mampu  menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
D. Keuntungan Multimedia Bidang Pendidikan
  1. Materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit dannyata, sehingga mudah dimengerti dan dipahami siswa dan pengajar.
  2. Multimedia dapat mengatasi kendala ruang dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di rumah sama persis dengan yang dibahas dalam kelompok.
  3. Materi pelajaran yang disajikan akan memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa karena proses balajar yang menarik dan menyenangkan.
  4. Multimedia dapat menciptakan suasana yang interaktif baik antar siswa maupun siswa dengan guru atau pengajar.
  5. Pengunaan multimedia yang tepat akan dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan pada siswa lebih dini.

Contoh Enkripsi dengan Algoritma DES (Data Encrition Standar )


Langkah-langkah mengenkripsi data menggunakan algoritma DES(Data Encryption System) yaitu:

Diberikan contoh:
  • Plaintext(x) = COMPUTER
  • Key(k) = 13 34 57 79 9B BC DF F1
Langkah Pertama :

Ubahlah plaintext kedalam bentuk biner
C : 01000011
O : 01001111
M : 01001101
P : 01010000
U : 01010101
T : 01010100
E : 01000101
R : 01010010

Ubahlah key kedalam bentuk biner
13 : 00010011
34 : 00110100
57 : 01010111
79 : 01111001
9B : 10011011
BC : 10111100
DF : 11011111
F1 : 11110001



Langkah Kedua :

Lakukan Initial Permutation (IP) pada bit plaintext menggunakan tabel IP berikut:

Tabel Initial Permutation(IP)

585042342618102
605244362820124
625446383022146
645648403224168
57494133251791
595143352719113
615345372921135
635547393123157

Urutan bit pada plaintext urutan ke 58 ditaruh diposisi 1,
Urutan bit pada plaintext urutan ke 50 ditaruh di posisi 2,
Urutan bit pada plaintext urutan ke 42 ditaruh di posisi 3, dst

Sehingga hasil outputnya adalah

IP(x) : 11111111 10111000 01110110 01010111 00000000 00000000 00000110 10000011

Pecah bit pada IP(x) menjadi 2 bagian yaitu:
L0 : 11111111 10111000 01110110 01010111 (tabel IP dengan warna kuning)
R0 : 00000000 00000000 00000110 10000011 (tabel IP dengan warna hijau)

Langkah Ketiga :

Generate kunci yang akan digunakanuntuk mengenkripsi plaintext dengan menggunakan tabel permutasi kompresi PC-1, pada langkah ini terjadi kompresi dengan membuang 1 bit masing-masing blok kunci dari 64 bit menjadi 56 bit.

Tabel PC-1
5749413325179
1585042342618
1025951433527
1911360524436
63554739312315
7625445383022
1466153453729
211352820124

Dapat kita lihat pada tabel diatas, tidak terdapat urutan bit 8,16,24,32,40,48,56,64 karena telah dikompress. Berikut hasil outpunya :

CD(k) : 1111000 0110011 0010101 0101111 0101010 1011001 1001111 0001111

Pecah CD(k) menjadi dua bagian kiri dan kanan, sehingga menjadi

C0 : 1111000 0110011 0010101 0101111(tabel PC-1 warna kuning)
D0 : 0101010 1011001 1001111 0001111 (tabel PC-1 warna hijau)

Langkah Keempat :

Lakukan pergeseran kiri (Left Shift) pada Cdan D0, sebanyak 1 atau 2 kali berdasarkan kali putaran yang ada pada tabel putaran sebagai berikut:

Tabel Left Shift
Putaran ke - iJumlah Pergeseran(Left Shift)
11
21
32
42
52
62
72
82
91
102
112
122
132
142
152
161

Untuk putaran ke 1, dilakukan pegeseran 1 bit ke kiri
Untuk putaran ke 2, dilakukan pergeseran 1 bit kekiri
Untuk putaran ke 3, dilakukan pergeseran 2 bit kekiri, dst

Berikut hasil outputnya:
C0 : 1111000 0110011 0010101 0101111
D0 : 0101010 1011001 1001111 0001111

Digeser 1 bit ke kiri
C1 : 1110000 1100110 0101010 1011111
D1 : 1010101 0110011 0011110 0011110

Digeser 2 bit ke kiri
C2 : 1100001 1001100 1010101 0111111
D2 : 0101010 1100110 0111100 0111101

Digeser 2 bit ke kiri
C3 : 0000110 0110010 1010101 1111111
D3 : 0101011 0011001 1110001 1110101

Digeser 2 bit ke kiri
C4 : 0011001 1001010 1010111 1111100
D4 : 0101100 1100111 1000111 1010101

Digeser 2 bit ke kiri
C5 : 1100110 0101010 1011111 1110000
D5 : 0110011 0011110 0011110 1010101

Digeser 2 bit ke kiri
C6 : 0011001 0101010 1111111 1000011
D6 : 1001100 1111000 1111010 1010101

Digeser 2 bit ke kiri
C7 : 1100101 0101011 1111110 0001100
D7 : 0110011 1100011 1101010 1010110

Digeser 2 bit ke kiri
C8 : 0010101 0101111 1111000 0110011
D8 : 1001111 0001111 0101010 1011001

Digeser 1 bit ke kiri
C9 : 0101010 1011111 1110000 1100110
D9 : 0011110 0011110 1010101 0110011

Digeser 2 bit ke kiri
C10 : 0101010 1111111 1000011 0011001
D10 : 1111000 1111010 1010101 1001100

Digeser 2 bit ke kiri
C11 : 0101011 1111110 0001100 1100101
D11 : 1100011 1101010 1010110 0110011

Digeser 2 bit ke kiri
C12 : 0101111 1111000 0110011 0010101
D12 : 0001111 0101010 1011001 1001111

Digeser 2 bit ke kiri
C13 : 0111111 1100001 1001100 1010101
D13 : 0111101 0101010 1100110 0111100

Digeser 2 bit ke kiri
C14 : 1111111 0000110 0110010 1010101
D14 : 1110101 0101011 0011001 1110001

Digeser 2 bit ke kiri
C15 : 1111100 0011001 1001010 1010111
D15 : 1010101 0101100 1100111 1000111

Digeser 1 bit ke kiri
C16 : 1111000 0110011 0010101 0101111
D16 : 0101010 1011001 1001111 0001111

Setiap hasil putaran digabungkan kembali menjadi CiDi dan diinput kedalam tabel Permutation Compression 2 (PC-2) dan terjadi kompresi data CiDi 56 bit menjadi CiDi 48 bit.

Tabel PC-2

1417112415
3281562110
2319124268
1672720132
415231374755
304051453348
444939563453
464250362932

Berikut hasil outputnya:

C1D1 = 1110000 1100110 0101010 1011111 1010101 0110011 0011110 0011110
K1 = 000110 110000 001011 101111 111111 000111 000001 110010

C2D2 = 1100001 1001100 1010101 0111111 0101010 1100110 0111100 0111101
K2 = 011110 011010 111011 011001 110110 111100 100111 100101

C3D3 = 0000110 0110010 1010101 1111111 0101011 0011001 1110001 1110101
K3 = 010101 011111 110010 001010 010000 101100 111110 011001

C4D4 = 0011001 1001010 1010111 1111100 0101100 1100111 1000111 1010101
K4 = 011100 101010 110111 010110 110110 110011 010100 011101

C5D5 = 1100110 0101010 1011111 1110000 0110011 0011110 0011110 1010101
K5 = 011111 001110 110000 000111 111010 110101 001110 101000

C6D6 = 0011001 0101010 1111111 1000011 1001100 1111000 1111010 1010101
K6 = 011000 111010 010100 111110 010100 000111 101100 101111

C7D7 = 1100101 0101011 1111110 0001100 0110011 1100011 1101010 1010110
K7 = 111011 001000 010010 110111 111101 100001 100010 111100

C8D8 = 0010101 0101111 1111000 0110011 1001111 0001111 0101010 1011001
K8 = 111101 111000 101000 111010 110000 010011 101111 111011

C9D9 = 0101010 1011111 1110000 1100110 0011110 0011110 1010101 0110011
K9 = 111000 001101 101111 101011 111011 011110 011110 000001

C10D10 = 0101010 1111111 1000011 0011001 1111000 1111010 1010101 1001100
K10 = 101100 011111 001101 000111 101110 100100 011001 001111

C11D11 = 0101011 1111110 0001100 1100101 1100011 1101010 1010110 0110011
K11 = 001000 010101 111111 010011 110111 101101 001110 000110

C12D12 = 0101111 1111000 0110011 0010101 0001111 0101010 1011001 1001111
K12 = 011101 010111 000111 110101 100101 000110 011111 101001

C13D13 = 0111111 1100001 1001100 1010101 0111101 0101010 1100110 0111100
K13 = 100101 111100 010111 010001 111110 101011 101001 000001

C14D14 = 1111111 0000110 0110010 1010101 1110101 0101011 0011001 1110001
K14 = 010111 110100 001110 110111 111100 101110 011100 111010

C15D15 = 1111100 0011001 1001010 1010111 1010101 0101100 1100111 1000111
K15 = 101111 111001 000110 001101 001111 010011 111100 001010

C16D16 = 1111000 0110011 0010101 0101111 0101010 1011001 1001111 0001111
K16 = 110010 110011 110110 001011 000011 100001 011111 110101

Langkah Kelima :

Pada langkah ini, kita akan meng-ekspansi data Ri-1 32 bit menjadi Ri 48 bit sebanyak 16 kali putaran dengan nilai perputaran 1<= i <=16 menggunakan Tabel Ekspansi (E).

Tabel Ekspansi(E)
3212345
456789
8910111213
121314151617
161718192021
202122232425
242526272829
28293031321


Hasil E(Ri-1) kemudian di XOR dengan Ki dan menghasilkan Vektor Matriks Ai.

Berikut hasil outputnya:

Iterasi  1
E(R(1)-1) = 100000 000000 000000 000000 000000 001101 010000 000110
K1           = 000110 110000 001011 101111 111111 000111 000001 110010
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A1           = 100110 110000 001011 101111 111111 001010 010001 110100


{
UPDATE (18 maret 2015) , berhubung bagian dibawah ini yang paling ribet, maka saya tambahkan keterangan ditengah-tengah proses iterasi. Bisa kita lihat pada iterasi1 diatas setelah kita dapatkan hasil XOR antara E(R(1)-1) dengan K1 dan menghasilkan A1, maka proses berikutnya langsung masuk ke LANGKAH KEENAM terlebih dahulu, dimana A1 akan dimasukan ke dalam S-Box dan menghasilkan output B1.
B1 kemudian akan dipermutasikan lagi dengan tabel P-Box dan menghasilkan nilai PB1 yang kemudian di XOR-kan dengan L0 dan menghasilkan nilai R1. Nilai R1 ini digunakan untuk melanjutkan iterasi ke-2.
}


Iterasi – 2
E(R(2)-1) = 011010 101110 100001 010110 100110 100101 010000 001101
K2           = 011110 011010 111011 011001 110110 111100 100111 100101
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A2           = 000100 110100 011010 001111 010000 011001 110111 101000

Iterasi – 3
E(R(3)-1) = 010001 010111 111011 110011 110001 010101 010010 100001
K3           = 010101 011111 110010 001010 010000 101100 111110 011001
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A3           = 000100 001000 001001 111001 100001 111001 101100 111000

Iterasi – 4
E(R(4)-1) = 010111 110001 010111 110011 110101 011100 001111 110001
K4           = 011100 101010 110111 010110 110110 110011 010100 011101
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A4           = 001011 011011 100000 100101 000011 101111 011011 101100

Iterasi – 5
E(R(5)-1) = 110110 101001 011100 000101 011001 011010 100110 100011
K5           = 011111 001110 110000 000111 111010 110101 001110 101000
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A5           = 101001 100111 101100 000010 100011 101111 101000 001011

Iterasi – 6
E(R(6)-1) = 100101 011011 110001 010110 101110 101100 000111 111010
K6           = 011000 111010 010100 111110 010100 000111 101100 101111
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A6           = 111101 100001 100101 101000 111010 101011 101011 010101

Iterasi – 7
E(R(7)-1) = 110010 100001 011111 110010 100111 111101 011001 010011
K7           = 111011 001000 010010 110111 111101 100001 100010 111100
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A7           = 001001 101001 001101 000101 011010 011100 111011 101111

Iterasi – 8
E(R(8)-1) = 111100 001010 101001 010101 010011 110000 001010 100011
K8           = 111101 111000 101000 111010 110000 010011 101111 111011
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A8           = 000001 110010 000001 101111 100011 100011 100101 011000

Iterasi – 9
E(R(9)-1) = 010010 101111 111000 000000 000010 101111 110101 010001
K9           = 111000 001101 101111 101011 111011 011110 011110 000001
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A9           = 101010 100010 010111 101011 111001 110001 101011 010000

Iterasi – 10
E(R(10)-1)= 100111 111000 001110 100010 100111 110111 111000 001010
K10          = 101100 011111 001101 000111 101110 100100 011001 001111
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A10          = 001011 100111 000011 100101 001001 010011 100001 000101

Iterasi – 11
E(R(11)-1)= 010011 110111 111010 101010 101111 110011 110001 011001
K11          = 001000 010101 111111 010011 110111 101101 001110 000110
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A11          = 011011 100010 000101 111001 011000 011110 111111 011111

Iterasi – 12
E(R(12)-1)= 001001 011010 101001 011111 110001 010111 110010 101100
K12          = 011101 010111 000111 110101 100101 000110 011111 101001
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A12          = 010100 001101 101110 101010 010100 010001 101101 000101

Iterasi – 13
E(R(13)-1)= 100110 100111 110111 111011 111110 101110 101100 001010
K13          = 100101 111100 010111 010001 111110 101011 101001 000001
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A13          = 000011 011011 100000 101010 000000 000101 000101 001011

Iterasi – 14
E(R(14)-1)= 111001 010111 110000 001000 001000 001000 001011 111011
K14          = 010111 110100 001110 110111 111100 101110 011100 111010
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A14          = 101110 100011 111110 111111 110100 100110 010111 000001

Iterasi – 15
E(R(15)-1)= 000110 101100 001100 000001 011001 011010 100101 010100
K15          = 101111 111001 000110 001101 001111 010011 111100 001010
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A15          = 101001 010101 001010 001100 010110 001001 011001 011110

Iterasi – 16
E(R(16)-1)= 101101 011101 010100 000101 010101 010001 010110 100010
K16          = 110010 110011 110110 001011 000011 100001 011111 110101
---------------------------------------------------------------------------------------- XOR
A16          = 011111 101110 100010 001110 010110 110000 001001 010111

Langkah Keenam :

Setiap Vektor Ai disubstitusikan kedelapan buah S-Box(Substitution Box), dimana blok pertama disubstitusikan dengan S1, blok kedua dengan S2 dan seterusnya dan menghasilkan output vektor Bi32 bit.

S1 :

0000000100100011010001010110011110001001101010111100110111101111
001441312151183106125907
010157414213110612119538
104114813621115129731050
111512824917511314100613

S2 :

0000000100100011010001010110011110001001101010111100110111101111
001518146113497213120510
013134715281412011069115
100147111041315812693215
111381013154211671205149

S3 :

0000000100100011010001010110011110001001101010111100110111101111
001009146315511312711428
011370934610285141211151
101364981530111212510147
111101306987415143115212

S4 :

0000000100100011010001010110011110001001101010111100110111101111
007131430691012851112415
011381156150347212110149
101069012117131513145284
1131506101131894511127214

S5 :

0000000100100011010001010110011110001001101010111100110111101111
002124171011685315130149
0114112124713150151039815
104211110137815912563014
111181271142136150910453

S6 :

0000000100100011010001010110011110001001101010111100110111101111
001211015926801334147511
011015427129561131401138
109141552812370410113116
114321295151011141760813

S7 :

0000000100100011010001010110011110001001101010111100110111101111
004112141508133129751061
011301174911014351221586
101411131237141015680592
116111381410795015142312

S8 :

0000000100100011010001010110011110001001101010111100110111101111
001328461511110931450127
011151381037412561101492
107114191214206101315358
112114741081315129035611

Cara menggunakan S-Box :
(Untuk detail penggunaan S-Box, silahkan lihat dihalaman http://en.wikipedia.org/wiki/S-box)

Kita ambil contoh S1, kemudian konversi setiap angka didalam tabel S1 yang berwarna putih menjadi biner, sehingga menjadi bentuk seperti dibawah:

S1 :

0000000100100011010001010110011110001001101010111100110111101111
001110010011010001001011111011100000111010011011000101100100000111
010000111101110100111000101101000110100110110010111001010100111000
100100000111101000110101100010101111111100100101110011101001010000
111111110010000010010010010001011101011011001111101010000001101101

Kemudian kita ambil sampel blok bit pertama dari A1 yaitu 100110
Kita pisahkan blok menjadi 2 yaitu:
  • Bit pertama dan terakhir yaitu 1 dan 0 digabungkan menjadi 10
  • Bit kedua hingga ke lima 0011
Kemudian dibandingkan dengan memeriksa perpotongan antara keduanya didapatkan nilai 1000(warna merah) dan seterusnya untuk blok kedua hingga blok kedelapan kita bandingkan dengan S2 hingga S8.

Berdasarkan cara diatas diperoleh hasil sebagai berikut:

B1 = 1000 0101 0100 1000 0011 0010 1110 1010
B2 = 1101 1100 0100 0011 1000 0000 1111 1001
B3 = 1101 0110 0011 1100 1011 0110 0111 1111
B4 = 0010 1001 1101 0000 1011 1010 1111 1110
B5 = 0100 0001 0011 1101 1000 1010 1100 0011
B6 = 0110 1101 1101 1100 0011 0101 0100 0110
B7 = 1110 0011 0110 1011 0000 0101 0010 1101
B8 = 0000 1000 1101 1000 1000 0011 1101 0101
B9 = 0110 1110 1110 0001 1010 1011 0100 1010
B10 = 0010 0001 0111 0000 0100 0001 0110 1101
B11 = 0101 1110 0000 1100 1101 1011 1100 0010
B12 = 0110 1000 0000 1011 0011 0110 1010 1101
B13 = 1111 1001 1101 1011 0010 0100 1011 0011
B14 = 1011 1000 0111 1110 1100 0101 1100 0001
B15 = 0100 0001 0011 1001 1111 0111 0010 0111
B16 = 1000 0001 0110 1010 1111 0111 0100 1011

Langkah Ketujuh:

Setelah didapatkan nilai vektor Bi, langkah selanjutnya adalah memutasikan bit vektor Bimenggunakan tabel P-Box, kemudian dikelompokkan menjadi 4 blok dimana tiap-tiap blok memiliki 32 bit data.

Tabel P-Box

11111111
11111111
11111111
11111111

Sehingga hasil yang didapat adalah sebagai berikut:

P(B1) = 00101000 10110011 01000100 11010001
P(B2) = 10001011 11011001 10001100 00010011
P(B3) = 01101111 10110010 10011100 11111110
P(B4) = 00111111 00111011 01000111 10100001
P(B5) = 10010101 00110010 11011000 01000101
P(B6) = 00100100 00011011 11110011 11111000
P(B7) = 11001000 11000001 11101110 01101100
P(B8) = 00000111 00111001 00101001 01100001
P(B9) = 11011001 00111011 10100011 10010100
P(B10) = 00001100 00010101 01101110 00100100
P(B11) = 01110001 00111110 10110000 01010011
P(B12) = 10101000 01101000 10001110 11101001
P(B13) = 10000110 11001011 11001111 11001011
P(B14) = 00000101 11011101 00111010 01001111
P(B15) = 10100101 00100110 11101100 11101100
P(B16) = 00101001 11110111 01101000 11001100

Hasil P(Bi) kemudian di XOR kan dengan Li-1 untuk mendapatkan nilai Ri.
Sedangkan nilai Li sendiri diperoleh dari Nilai Ri-1 untuk nilai 1 <= i <= 16.

L0     = 11111111 10111000 01110110 01010111
R0     = 00000000 00000000 00000110 10000011

P(B1)      = 00101000 10110011 01000100 11010001
L(1)-1    = 11111111 10111000 01110110 01010111
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R1    = 11010111 00001011 00110010 10000110

P(B2)      = 10001011 11011001 10001100 00010011
L(2)-1    = 00000000 00000000 00000110 10000011
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R2    = 10001011 11011001 10001010 10010000

P(B3)      = 01101111 10110010 10011100 11111110
L(3)-1    = 11010111 00001011 00110010 10000110
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R3    = 10111000 10111001 10101110 01111000

P(B4)      = 00111111 00111011 01000111 10100001
L(4)-1    = 10001011 11011001 10001010 10010000
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R4    = 10110100 11100010 11001101 00110001

P(B5)      = 10010101 00110010 11011000 01000101
L(5)-1    = 10111000 10111001 10101110 01111000
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R5    = 00101101 10001011 01110110 00111101

P(B6)      = 00100100 00011011 11110011 11111000
L(6)-1    = 10110100 11100010 11001101 00110001
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R6    = 10010000 11111001 00111110 11001001

P(B7)      = 11001000 11000001 11101110 01101100
L(7)-1    = 00101101 10001011 01110110 00111101
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R7    = 11100101 01001010 10011000 01010001

P(B8)      = 00000111 00111001 00101001 01100001
L(8)-1    = 10010000 11111001 00111110 11001001
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R8    = 10010111 11000000 00010111 10101000

P(B9)      = 11011001 00111011 10100011 10010100
L(9)-1    = 11100101 01001010 10011000 01010001
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R9    = 00111100 01110001 00111011 11000101

P(B10)  = 00001100 00010101 01101110 00100100
L(10)-1    = 10010111 11000000 00010111 10101000
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R10    = 10011011 11010101 01111001 10001100

P(B11)  = 01110001 00111110 10110000 01010011
L(11)-1    = 00111100 01110001 00111011 11000101
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R11    = 01001101 01001111 10001011 10010110


P(B12)  = 10101000 01101000 10001110 11101001
L(12)-1    = 10011011 11010101 01111001 10001100
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R12    = 00110011 10111101 11110111 01100101

P(B13)  = 10000110 11001011 11001111 11001011
L(13)-1    = 01001101 01001111 10001011 10010110
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R13    = 11001011 10000100 01000100 01011101

P(B14)  = 00000101 11011101 00111010 01001111
L(14)-1    = 00110011 10111101 11110111 01100101
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R14    = 00110110 01100000 11001101 00101010

P(B15)  = 10100101 00100110 11101100 11101100
L(15)-1    = 11001011 10000100 01000100 01011101
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R15    = 01101110 10100010 10101000 10110001

P(B16)  = 00101001 11110111 01101000 11001100
L(16)-1    = 00110110 01100000 11001101 00101010
------------------------------------------------------------------------------------------XOR
R16    = 00011111 10010111 10100101 11100110

L16    = 01101110 10100010 10101000 10110001

Langkah Kedelapan:

Langkah terakhir adalah menggabungkan R16 dengan L16 kemudian dipermutasikan untuk terakhir kali dengan tabel Invers Initial Permutasi(IP-1).

Tabel IP-1

408481656246432
397471555236331
386461454226230
375451353216129
364441252206028
353431151195927
342421050185826
33141949175725

Sehingga Input :
R16L16 =  00011111 10010111 10100101 11100110 01101110 10100010 10101000 10110001

Menghasilkan Output:
Cipher(dalam biner) = 01010110 11110001 11010101 11001000 01010010 10101111 10000001 00111111

atau

Cipher(dalam hexa) = 56 f1 d5 c8 52 af 81 3f 

{ Update 19 Maret 2015, anda dapat mendownload source code kriptografi DES pada link disamping dan dapat di compile dengan MinGW. Des.cpp}

Daftar Referensi :
            http://octarapribadi.blogspot.com/2012/10/contoh-enkripsi-dengan-algoritma-des.html

CRACK OFFICE 2013-2010 DAN WIN 7 ALL VERSION

BAGI temen temen yang butuh crak atau kesuliatan untuk mencari crak  silahkan ambil disini... saya hanya bisa membantu ini saja tidak banyak...